Beranda Berita 5 Janji Taliban Untuk Afghanistan

5 Janji Taliban Untuk Afghanistan

357
0
BERBAGI

Taliban, adalah sebuah kelompok militan yang menguasai negara Afghanistan pada akhir tahun 1990-an. Pada hari Minggu (15/8/2021) Afghanistan jatuh ke tangan Taliban. banyak dari penduduk Afghanistan yang takut pada Taliban, salah satu alasannya mereka takut Taliban akan menerapkan kembali interpretasi keras hukum Islam, yang mereka andalkan ketika mereka memerintah Afghanistan dari tahun 1996 hingga 2001.

Dimana pada saat itu, perempuan dilarang bersekolah atau bekerja di luar rumah. Mereka harus mengenakan burqa dan ditemani oleh seorang kerabat laki-laki setiap kali mereka pergi ke luar. Taliban juga melarang musik, memotong tangan pencuri dan pezina dirajam.

Dalam konferensi pers perdana setelah mengusai Afghanistan, Taliban menjanjikan lima hal untuk Afghanistan. Pertama, Perempuan dan laki-laki di Afghanistan boleh bersekolah. Kedua, menjunjung tinggi hak perempuan di Afghanistan diantaranya perempuan diizinkan untuk bekerja dan perempuan juga akan dilibatkan dalam pemerintahan. Persoalan perempuan ini di Afghanistan menjadi isu yang sangat penting, sehingga pemenuhan hak perempuan ini menjadi salah satu janji Taliban yang akan diberikan kepada perempuan Afghanistan.

ketiga, Taliban tidak akan berselisih dengan Negara lain dan Taliban juga memberikan jaminan keamanan, termasuk untuk Amerika Serikat. selain itu Taliban akan melindungi Afghanistan, sehingga tidak ada yang bisa gunakan tanah Afghanistan untuk berselisih terhadap negara tetangga ataupun negara lainnya.

Keempat, Menjaga deligasi asing di Afghanistan, dengan memberikan jaminan keamanan terhadap kedutaan dan staf kedutaan negara asing atau perwakilan asing lainnya. dan yang ke lima, Taliban juga mendukung pembelajaran Islam Modern dan pendidikan tinggi, karena Taliban menginginkan bangsanya menjadi bangsa yang terdidik dan modern.

selain lima hal tersebut, dalam konferensi pers tersebut, Taliban berjanji tidak akan melakukan balas dendam terhadap lawan-lawanya di Afghanistan. Taliban juga meminta agar para generasi muda yang bertalenta agar tidak meninggalkan Afghanistan.*

(Diambil dari berbagai sumber)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here