Beranda Viral Ada-ada Saja, Gara-gara Ayahnya Suka Kimia Anaknya pun Diberi Nama Chlorida Metana

Ada-ada Saja, Gara-gara Ayahnya Suka Kimia Anaknya pun Diberi Nama Chlorida Metana

173
0
BERBAGI
Perempuan muda ini memiliki nama unik pemberian ayahnya, Chlorida Metana Ayu. foto: tiktok @metann.a

JEMBER – Pemberian nama kepada seorang anak oleh kedua orang tua biasanya memiliki maksud dan arti tertentu atas nama yang diberikan. Misalnya saja agar anaknya menjadi anak yang sholeh nantinya, maka orang tua memberikan nama Sholihin atau Siti Sholehah.

Namun ada juga orang tua yang menamai anaknya dengan nama yang berkaitan dengan kesukaan atau kecintaannya terhadap sesuatu. Seperti orang tua asal Kabupaten Jember, Jawa Timur ini, yang memberi nama anaknya dengan istilah Kimia, yaitu Chlorida Metana Ayu.

Berdasarkan wikipedia.org, metil klorida, juga disebut sebagai klorometana, R-40 atau HCC 40, adalah senyawa kimia organik yang termasuk dalam kelompok haloalkana. Senyawa ini berbentuk gas tak berwarna yang mudah terbakar dengan bau sedikit manis. Karena sifatnya racun, maka senyawa ini tak digunakan lagi pada produk-produk rumah tangga, khsusunya mesin pendingin.

Menurut Metan , biasa perempuan tersebut biasa dipanggil, nama dirinya yang mengandung istilah kimia adalah pemberian dari sang ayah. Kebetulan, ayahnya sangat menyukai pelajaran kimia. Selain itu nama itu diberikan kepada dirinya karena jarang dimiliki oleh orang lain.

“Dulu ayah sangat suka pelajaran kimia dan akhirnya saya diberi nama itu. Katanya agar terdengar keren dan jarang ada yang menyamai,” ujar Metan seperti dikutip tribunnew baru-baru ini.

Selain kedua alasan tadi, kata Metan, ayahnya memberikan nama tersebut agar dirinya banyak dikenali oleh lingkungan sekolahnya. “Saya sering bilang ‘Yah kenapa si namanya kayak gitu artinya? Ya bagus nama kimianya, tapi artinya itu loh’. Tanggapan beliau begini ‘Ya yang penting namamu unik, jadi kamu banyak yang kenal kan diingat sama banyak orang di sekolah sama kampusmu’ begitu,” jelasnya.

Metan mengaku meski masih memakai nama pemberian ayahnya tersebut namun hingga saat ini dirinya masih berberat hati dengan nama tersebut. “Keberatan, dan sampai sekarang sebal karena arti namanya,” tandasnya.

Dia pun menerangkan jika sang ibu pada awalnya tidak mengetahui makna dari nama yang diematkan pada dirinya. Hingga seorang saudaranya memberitahu makna dibalik nama tersebut.

“Mama awalnya nggak tau, terus mama dikasih tahu saudara yang kuliah teknik kimia kalau nama saya itu merupakan unsur kimia gitu,” jelasnya.

Metan bersama adiknya

Nah menariknya dari tiga bersaudara, aku Metan, hanya dirinya sebagai anak pertama saja yang diberi nama unik dengan istilah kimia. “Cuma saya, karena mama menolak ketika adik saya mau dikasi nama kimia,” bebernya.

Tak hanya sang bunda, ternyata Metan sendiri pada awalnya mengaku tidak mengetahui jika namanya sebuah istilah kimia. Hingga akhirnya, ia mengetahui arti tersebut dari para guru yang mengajarnya di sekolah menengah pertama (SMP).

“Saya dulu waktu sekolah dasar (SD) sih taunya di buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Tapi saya nggak tahu itu apa. Baru semenjak SMP itu banyak guru yang heran dengan nama saya dan memberi tahu saya tentang nama saya,” terangnya.

Sejak itu sampai saat ini, Metan mengatakan hampir seluruh guru yang mengetahui namanya mengaku heran. “Itu kejadian sampai sekolah menengah atas (SMA) bahkan kuliah ini, jadi guru ataupun dosen yang tau nama saya heran,” tuturnya.

Tidak hanya para guru yang dibuat heran saat mengetahui namanya, teman-temannya juga banyak yang terkejut dan tertawa saat mengetahui makna dari namanya. Namun demikian, Metan mengku tidak pernah mendapatkan ejekan dari para temannya tersebut.

(bbs/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here