Beranda Berita Cara Unik Pemuda Tasikmalaya Bangunkan Warga Sahur, Keliling Kampung Pake APD Lengkap

Cara Unik Pemuda Tasikmalaya Bangunkan Warga Sahur, Keliling Kampung Pake APD Lengkap

770
0
BERBAGI
Warga Cintarasa, Tawang, Kota Tasik memakai APD lengkap membangunkan warga sahur sambil mengingatkan prokes Covid, Rabu dini hari (21/04/21)

TASIKMALAYA – Banyak hal unik dan terbilang nyeleneh dilakukan sekelompok warga untuk membangunkan warga lainnya untuk sahur. Mulai dari menggunakan suara “Mimi Peri” yang diputar lewat pengeras suara di masjid hingga menggunakan gaya dan bersuara ala tokoh film anime “Attack on Titan.”

Namun di Kota Tasikmalaya, ada cara unik sekaligus edukatif yang dilakukan sekelompok pemuda untuk membangunkan warga sahur. Yaitu, selain membawa alat musik tradisional berupa angklung, kohkol (kentongan) dan drum plastik untuk membangunkan warga. Mereka juga mengenakan baju hazmat atau Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, yang biasa digunakan tenaga kesehatan yang tengah menangani pasien Covid-19.

Menurut Amal Pampam, Ketua Karang Taruna RW 01 Cintarasa, Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya, kegiatan “obrog-obrog” membangunkan warga sahur dengan menggunakan APD lengkap itu dimaksudkan untuk mengingatkan warga jika pandemi Covid-19 masih ada. Serta agar warga senantiasa menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada.

“Kami dari tim patroli sahur Karang Taruna RW 01, dini hari ini (Rabu, 21/04/2021) sengaja menggunakan kostum APD lengkap untuk membangunkan warga sahur. Selain untuk mengingatkan warga untuk bangun dan sahur, juga untuk mengingatkan warga agar tetap menjaga protokol kesehatan,” ujar Amal seperti dikutip dari radartasik.com.

Amal pun mengungkapkan sebenarnya kegiatan membangunkan sahur dengan menggunakan alat musik tradisonal biasa dilakukan para pemuda di wilayahnya setiap bulan Ramadan. Namun karena saat ini sedang pandemi Covid-19, maka mereka menyisipkan sosialisasi dan imbauan kepada warga agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan.

“Mudah-mudahan dengan adanya bulan suci Ramadan ini Covid-19 segera berakhir, agar segala aktivitas kita kembali normal,” harapnya.

Di tempat terpisah, sejumlah warga bersama anggota Polsek Cihideung Polres Tasikmalaya Kota, Rabu dini hari (21/04/2021) juga melakukan kegiatan membangunkan warga untuk sahur. Namun berbeda dengan yang dilakukan para pemuda di Cintarasa, warga dan anggota Polsek Cihideung melakukannya dengan menggunakan pengeras suara dan “alat musik” seadanya.

“Kegiatan patroli sahur bersama warga ini kami lakukan, selain untuk membangunkan masyarakat makan sahur juga ikut memantau daerah-daerah yang dianggap rawan tindak kejahatan,” ujar Kapolsek Cihideung, Kompol Zenal Muttaqin.  (rez/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here