Beranda Viral Dosen di Makassar Meninggal Saat Ceramah Renungan Musibah Kapal Selam Nanggala 402

Dosen di Makassar Meninggal Saat Ceramah Renungan Musibah Kapal Selam Nanggala 402

698
0
BERBAGI

MAKASSAR – Kematian adalah rahasia Allah Subhanahu Wa Ta`ala. Karena itu kapan dan dimana nyawa seseorang diambil tidak ada yang tahu, kecuali Allah saja.

Seperti yang terjadi dengan Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Alaudin Makassar, Ustaz Ruddin Emang. Ia menghembuskan nafas terakhir di atas mimbar saat berceramah bertema renungan Tragedi Tenggelamnya Kapal Selam Nanggala 402.

Ruddin Emang membawakan ceramah di Masjid Baiturrahman Panaikang, Makassar, Sulawesi Selatan pada Senin siang (26/4). Ia menyampaikan ceramah di atas mimbar usai melaksanakan salat dzuhur.

Dalam ceramahnya, Ruddin Emang mengulas tentang musibah tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala 402 di perairan laut Bali. Saat itu, Ruddin sempat meneteskan air mata. Ia mengaku ikut sedih dengan musibah yang menelan 53 korban jiwa tersebut.

“Dalam ceramahnya beliau mengambil (tema) kapal tenggelam Nanggala 402. Sehingga dia mengambil ayat Surah Al Anabiya,” kata menantu almarhum, Fidrik Hafid di rumah duka, Kompleks Baiturrahman Panaikang seperti dikutip dari pojoksatu.id.

Apalagi dalam musibah tenggelamnya kapal selam itu, 53 prajurit TNI yang berada di kapal perang dinyatakan gugur. Kapal tersebut terbelah menjadi tiga bagian.

Berselang beberapa menit usai membawakan ceramah bernada renungan itu, mantan dosen di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar ini mengajak para jamaah untuk mengambil hikmah atas peristiwa itu.

“Kita ambil hikmahnya, ada tiga. Satu tauhid, dua mensucikan Allah, ketiga taubat,” ujar Fidrik mengulang ceramah mertuanya.

Menutup ceramahnya, Ruddin Emang pun memanjatkan doa sambil meneteskan air mata.

“Saat berdoa itu beliau sempat menangis dan tidak lama kemudian terjatuh tersungkur di mimbar,” kata Fidrik lagi.

Fidrik pun mengungkapkan sebenarnya saat berceramah dirinya sempat melihat wajah mertuanya tampak memucat. Hingga pada kemudian suara Ustaz Ruddin Emang yang sebelumnya lantang saat menyampaikan di awal-awal mulai ceramah mulai menurun, hingga akhirnya Ustaz Ruddin Emang Ruddin tak sadarkan diri di atas mimbarnya.

“Setelah itu beliau dibawa oleh para jemaah ke Rumah Sakit 45. Sayang, di perjalanan sudah meninggal dunia. Jadi kami bawa kembali ke rumah duka untuk disemayamkan,” jelasnya.

Berikut ini video detik-detik dosen UIN meninggal saat ceramah di masjid https://www.youtube.com/watch?v=peDgIhvSj30. (pjk/fajar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here