Beranda Berita Kenalan di TikTok, Ustaz Ini Pilih Langsung Menikah Usai Dua Kali Ta’aruf

Kenalan di TikTok, Ustaz Ini Pilih Langsung Menikah Usai Dua Kali Ta’aruf

344
0
BERBAGI
Ustaz Syam dan Jihan resmi menikah, Jumat (12/3/2021). Foto : Instagram/@islamituindahttv.

JAKARTA – Keberadaan media sosial saat ini tidak hanya terbatas digunakan sebagai sarana untuk menjalin pertemanan atau tempat curhat saja. Banyak hal yang bisa dilakukan di dalamnya, mulai dari berjualan, mencari informasi, bahkan untuk berdakwah.

Nah salah satu ustaz muda yang memanfaatkan media sosial untuk sarana dakwah adalah Ustaz Syamsuddin Nur Makka. Pengisi acara program “Islam Itu Indah” di Trans TV itu memilih media sosial, TikTok sebagai saran dakwahnya.

Ustaz Syam, begitu bisa dia dipanggil, secara rutin mengunggah video pendek seputar ajaran agama Islam di platform media sosial asal Negeri Tirai Bambu tersebut. Dan siapa sangka dari media sosial TikTok itu pula, Ustaz Syam menemukan jodohnya yang bernama Jihan Salsabila .

Tak butuh lama, sejak perkenalannya di media sosial tersebut yang kemudian dilanjutkan dua kali pertemuan atau ta’aruf, Ustaz Syam langsung melamar dan menikahi pujaan hatinya itu pada Jumat kemarin (12/3) .

“Kenalnya di TikTok. Jihan main TikTok, aku main TikTok juga. Makanya, Masya Allah untung tidak jadi diharamkan TikTok itu. Makanya aneh juga ada yang mengharamkan TikTok, yang haram itu bukan platformnya tapi isinya,” jelas Ustaz Syam dalam wawancara di channel YouTube, Oki Setiada Dewi, Jumat (12/3).

Dari kenalan awal di TikTok itu, Ustaz Syam pun mencoba mencari informasi Jihan di akun instagramnya. “Kepolah, kan TikTok itu bisa nge-link ke Instagram. Terus kulihatlah, sebenarnya kan kalau mau ngenali orang salah satunya sosial media. Makanya lucu kalau orang mau ngirim CV taaruf, Instagram dikunci terus enggak ada apa-apa yang bisa kita lihat. Sebenarnya kalau enggak ngunci Instagram, itu salah satu jalan kita enggak chating berdua. Biar kelihatan isinya,” lanjutnya.

Setelah melihat Instagram Jihan, Ustaz Syam mencoba berkenalan dengan perempuan yang juga merupakan selebragm tersebut.  “Dari situ aku lihat highlight (Instagram)nya, ada foto keren banget rumah tahfiz, segala macam. Akhirnya ku komen story Jihan. (tanya) Dimana ini (salah satu gambar)? (Dijawab) di pondok, mainlah ke sini kasih motivasi ke santri,” sebutnya mengulangi perkataan Jihan.

Gayung bersambut, Ustaz Syam meringankan langkah ke Pondok Pesantren Ma’had Tahfidz Al Quran MataQu tanggal 14 Februari 2021, sendirian. Di sini pun ada kejadian lucu.

“Kan di mobil, aku habis nge-gym, terus ke nikahan teman, pakai jean sobek-sobek, pakai kaos olahraga. Ceritanya aku enggak mau ngomong kalau udah nyampe (lokasi). Karena aku mau mampir ganti baju dulu, kan dikenali (sebagai) ustaz. Ternyata sudah nyampe duluan penjemputnya (rombongan Jihan). Aku parkir pas di belakang mobil dia, Astaghfirullahaladzim, apa ada aja udah. Gimana ganti bajunya, ya udah turunlah (dari mobil dengan gaya seadanya),” kenangnya.

Dan, saat pertama kali bertemu Jihan di pondok pesantren itu, Ustaz Syam mendapati Jihan sama cantiknya dengan foto di media sosial. “Wah enggak ada bedanya sama fotonya,” timpalnya. Lalu, mereka menuntaskan tugas di pondok pesantren bertemu dengan para santri.

Selepas dari situ, Ustaz Syam meminta pendapat dua ustaz temannya. Bagaimana tentang Jihan dan keluarganya. Didapatilah semuanya sesuai harapannya. Lalu dirinya istikharah dan memberitahu keluarganya soal Jihan termasuk kepada sahabatnya, Ustaz Maulana.

“Baru pertama kali aku ngasih liat foto teman dekatku, enggak ada yang bilang enggak. Yang paling aku khawatirkan Ustaz Maulana, makanya yang terakhir aku kasih tahu Ustaz Maulana. Walaupun yang paling dekat Ustaz Maulana samaku tapi paling terakhir (diberitahu soal Jihan),” bebernya.

Usai pertemuan itu tanpa diduga Ustad Maulana langsung mengajak melamarnya melamar Jihan. “(Ustaz Maulana bilang) kita lihat aja langsung, kata Ustaz Maulana siapkan cincin. Tanggal 27 Februari (ke pondok pesantren lagi). Karena niatku sudah bulat ya sudah ku bawa aja (cincin),” tutur Ustaz Syam.

Bersama Ustaz Maulana, mereka pun langsung menemui orang tua Jihan. “Kaget, saat (Ustaz Maulana) mengeluarkan cincin, enggak nyangka hari itu langsung dikhitbah (dilamar), ya sudah langsung susun tanggal hari itu. Ustaz Maulana yang nodong langsung cepat-cepat,” jelas ayah Jihan, Heri.

Sesuai kesepakatan kedua belah pihak, akhirnya Ustaz Syam dan Jihan resmi menikah pada Jumat (12/3). Akad nikah dipimpin oleh Kepala KUA Bekasi Utara, Mahfuz Gozali, dengan menerapkan protokol kesehatan

Tampak Ustaz Maulana, Ustazah Oki Setiana Dewi, Ustaz Solmed, dan lainnya hadir menyaksikan akad nikah tersebut. Juga ada Taqy Malik yang hadir memberikan selamat.

“Saya terima nikahnya dan kawinnya Jihan Salsabila Binti Heri Rahmanur Suryo dengan mas kawin tersebut dibayar tunai,” ucapnya lantang sekali tarikan nafas dalam siaran langsung di YouTube Viding Co.

Pernikahan yang digelar setelah melewati proses taaruf itu ditandai dengan momen lucu dan mengharukan saat Ustaz Syam dan Jihan dipertemukan setelah akad. Keduanya masih kaku dan canggung.

Jihan dipanggil dengan didampingi kakaknya dengan gaun putih dengan hijab warna senada menuju meja akad nikah untuk menandatangi buku nikah.

Pria asal Sulawesi Selatan pun diminta menjemput istrinya dan memasangan cincin ke jari istrinya. Keduanya tampak tertawa malu kebingungan saat ingin bersentuh.

“Jangan grogi Ustaz Syam ini sudah resmi. Jangan takut-takut Ustaz Syam, sudah halal,” ujar MC acara yang disambut tawa yang hadir.

Untaian doa dihaturkan para sahabat salah satunya, Ustaz Solmed. “Ribuan berkah Insya Allah, untuk sahabatku Ustaz Syam dan istri. Semoga bahagia dari dunia sampai akherat. Aamiin,” ungkapnya. (nin/pjk1/red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here