Beranda Berita Patut Dicontoh, Warga Dua RT Urunan Rp500 Setiap Hari Buat Beli Mobil...

Patut Dicontoh, Warga Dua RT Urunan Rp500 Setiap Hari Buat Beli Mobil Siaga

525
0
BERBAGI

MAJALENGKA – Apa yang dilakukan warga Blok Lojiawi, Desa Ujung Berung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka ini patut dijadikan contoh bagi warga daerah lainnya. Bagaimana tidak, warga di sana kompak melakukan patungan atau urunan uang sebesar Rp500 setiap hari untuk membeli “Mobil Siaga”.

Urunan yang melibatkan 180 kepala keluarga dari dua rukun tetangga (RT) Blok Lojiawi, Desa Ujung Berung itu berlangsung selama empat tahun, dan berhasil menghimpun dana sebesar Rp145 juta untuk pembelian mobil niaga jenis Wuling Confero.

“Mobil ini milik masyarakat untuk keperluan masyarakat. Seperti membawa warga yang sakit atau berobat dan lain sebagainya,” ujar Didi Saputra, warga Blok Lojiawi, seperti dikutip dari puserbumi.radarcirebon.com .

Dijelaskan Didi, ide awal urunan Rp500 untuk membeli mobil siaga tersebut berawal dari gagasan sejumlah tokoh masyarakat setempat. Kala itu dirinya bersama para tokoh dan kasepuhan di Blok Lojiawi memiliki pemikiran untuk membantu warga yang kesulitan mencari kendaraan ketika mendadak harus berobat ke rumah sakit.

“Ide itu pun disambut baik oleh pihak pemerintah desa, pihak kecamatan dan kapolsek,” kata Didi.

Nah hari Jumat (9/4) lalu, kendaraan yang dijadikan Mobil Siaga/Siap itu diserahkan secara simbolis oleh Kuwu Desa Ujung Berung, Aris Susanto kepada tokoh masyarakat Blok Lojiawi.

Prosesi penyerahan itu Mobil Siaga itu juga dihadiri oleh Camat Sindangwangi, Kapolsek Sindangwangi, tokoh pemuda Blok Lojiawi, para Kasepuhan, dan masyarakat Lojiawi.

Kapolsek Sindangwangi, AKP Deni Rusnandar SH MH mewakili Kapolres Majalengka, dalam kesempatan itu ikut mengapresiasi apa yang dilakukan Warga Blok Lojiawi.

“Kami apresiasi ide kreatif ini, dimana setiap warga yang ronda pada setiap malam mengumpulkan Rp500 dikumpulkan selama 4 tahun dan akhirnya dapat membeli mobil seharga 145 juta,” kata Kapolsek, seperti dikutip dari laman Facebook Ade Wtt Polsek Sindangwangi.

Sementara itu Tokoh Pemuda Blok Lojiawi, Sanata, mengucapkan terima kasihnya kepada pihak kepolisian. Karena berkat bimbingan Bhabinkamtibmas warga Blok Lojiawi mampu mewujudkan harapan membeli mobil siaga tersebut.

“Tentunya hal ini berkat dorongan pihak Polsek Sindangwangi terutama Bhabinkamtibmas Desa Ujung Berung sehingga impian kami memiliki mobil siaga ini terwujud,” ujar Sanata. (brd/rad)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here