Beranda Uncategorized Sebut Ingin Pulang ke Alamnya, Pria di Tegal Kubur Diri Hidup-hidup di...

Sebut Ingin Pulang ke Alamnya, Pria di Tegal Kubur Diri Hidup-hidup di TPU

399
0
BERBAGI
Seorang babinsa berusaha membujuk pria yang melakukan aksi kubur diri di TPU.

TEGAL – Belum lama ini viral video yang memperlihatkan seorang pemuda nekat mengubur dirinya hidup-hidup. Aksi nyeleneh pemuda dari Kota Tegal, Jawa Tengah itu dilakukan di kompleks tempat pemakaman umum ( TPU)  di RT 03 RW 02 Kelurahan Debong Kidul, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal.

Namun beruntung tindakan pemuda itu keburu diketahui warga, sehingga berhasil diselamatkan. Meski demikian tak pelak aksi penyelamatan pemuda yang setengah badannya sudah berada di liang lahad TPU Debong Kidul oleh aparat dan warga itu membuat heboh, baik di  sekitar lokasi maupun di media sosial.

Babinsa Kelurahan Debong Kidul, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Sertu Dasrim seperti dikutip dari tribunnews.com mengungkapkan, awalnya petugas mendapat laporan warga tentang adanya seorang pemuda bernama Wawan Febriyanto (23) melakukan aksi menggubur diri di pemakaman desa setempat.

Wawan yang merupakan warga Desa Kepandean, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal itu melakukan aksinya pada Rabu (30/12) sekitar 08.00 WIB. “Kondisi badan Wawan saat itu sudah masuk ke tanah sekitar 70 sentimeter, hanya tampak kepala dan setengah badan dengan posisi wajah menghadap ke dalam tanah,” ujar Sertu Dasrim.

Karena lokasi TPU bersebelahan dengan sebuah pasar, sehingga kejadian itu segera diketahui warga.  Darsim pun melanjutkan, saat dirinya bersama petugas lain mendatangi lokasi kondisi Wawan sudah setengah terkubur. Namun demikian pemuda tersebut masih bisa diajak berkomunikasi.

“Saya dekati ternyata mau diajak komunikasi. Saya kasih salam menjawab. Saya tanya namanya juga dijawab,” terangnya.

Darsim menduga pemuda nekat itu menggali tanah hanya menggunakan tangan, karena di sekitar lokasi tidak ditemukan alat apa pun. Setelah dilakukan bujuk rayu, Wawan pun akhirnya berhasil dievakuasi dan segea dimandikan.

Oleh petugas Polsek Tegal Selatan, usai dimandikan Wawan selanjutnya diantar ke rumah orangtuanya di Desa Kepandean. Ketika ditanya petugas dan warga, Wawan mengaku aksi nekatnya dilakukan karena dirinya ingin pulang ke alamnya. “Aku pan balik maring alame aku (Saya akan pulang ke alam saya),” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Tarsumi (47), seorang pemilik warung ayam potong yang lokasinya tidak jauh dari TPU. Menurut dia, sebelum melakukan tindakan aneh itu, pelaku sempat duduk di warungnya.

Saat itu pelaku mengutarakan bahwa dirinya pernah meninggal tapi dihidupkan lagi oleh Tuhan. Karena itu, Wawan i9ngin ingin kembali lagi ke alamnya. “Dia malah pergi ke makam terus menggali tanah sendiri pakai tangan. Nggalinya cepat, tidak sampai setengah jam dalamnya sudah sekitar 70 centimeter, terus langsung berbaring di situ seperti orang dikubur,” terangnya. (bbs/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here